Senin, 26 Mei 2014

JILBAB ???

APA ITU JILBAB ?

Berbicara tentang jilbab, , pasti banyak yang mengartikan dari makna sebenernya tentang jilbab. Apalagi sekarang kan ada yang namanya Hijabers. Yaa , pakai jilbab sih tapi rambutnya masih terlihat transparan walaupun sudah ditutupi sama “jilbab” menurut mereka. Ada juga yang lehernya masih terlihat padahal bagian kepalanya sangat tertutup dan ada juga  yang katanya pakai jilbab tapi telinganya masih terlihat dan memakai anting perhiasan . Bahkan ada yang lebih parah, pakai jilbab tapi yang panjang ditarik kebelakang dan didepan dipendekin ( dadanya kelihatan ) . Wadduuhh . . gaswaaatt cyiin . . Sekarang ini, banyak perempuan-perempuan Islam yang menjadikan jilbab sebagai trending stylenya . . apalagi jilbab yang sekarang sudah keluar dari garis jilbab yang sebenernya . Sudah terlalu banyak kesalahan-kesalahan dalam memaknai jilbab, bahkan jilbab yang sesungguhnya itu lambat laun bakalan tenggelam oleh zaman modernisasi yang sekarang ini. Nah, dari itu pembahasan saya kali ini menyangkut “  Apa sih pengertian dari Jilbab ? Apa itu Jilbab ?

Oke guys , , kita bakalan ngupas dikit ya pengertian jilbab yang sebenarnya agar kita sebagai kaum hawa yang paling mulia gak salah pakai lagi dan gak salah paham lagi tentang arti jilbab.

Jilbab adalah pakaian yang berfungsi untuk menutupi perhiasan wanita dan auratnya . Nah, ini nih guys pengertian dari jilbab. . Penjelasannya kan MENUTUPI . bukan MEMBUNGKUS . Bedain ya antara menutupi dan membungkus . Kalo menutupi berarti aurat kita gak ada yang terlihat dan transparan , pokoknya aurat kita itu tertutupi oleh jilbab. Nah, beda halnya dengan membungkus. Kalo membungkus artinya aurat kita itu masih bisa terlihat karena barang yang kita gunakan hanya pembungkus bagi aurat kita . Bagaimanapun bagusnya pembungkus tersebut akan terlihat plus transparan juga aurat kita .

Kalo ada yang mengatakan jilbab itu pakaian yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, , itu benar banget lho . karena sesuai dengan hadits Aisyah, ia mengatakan bahwa Asma’ binti Abu bakar masuk menemui Rasulullah SAW sementara ia mengenakan pakaian yang tipis. Nabi pun berpaling dari Asma dan beliau berkata : “ Wahai asma’, sesungguhnya apabila seorang wanita sudah mencapai masa haid maka tidak boleh terlihat darinya kecuali ini"        ( Rasulullah mengisyaratkan kepada wajah dan dua telapak tangannya ) ( HR. Abu Daawud ).

Udah tau kan arti dari jilbab ?
Guys , , kalo diluaran sana ada yang menanyakan bahwa apakah yang mereka pakai sekarang termasuk jilbab ? Maka katakanlah dengan tegas kalo yang mereka pake hanya pembungkus perhiasannya “ auratnya ”. yang mereka pakai adalah barang transparan yakni tembus pandang hingga terlihat apa yang ada dibalik pakeannya. Dan otomatis ketika mereka memakainya maka akan mengandung pakaian Syuhrah . Syuhrah itu menarik perhatian . Maukah kita menjadi lubang dosa bagi yang melihat kita ? Terutama kaum Adam ? Tentunya ketika orang yang memiliki IQ yang baik pasti gak setuju bahkan gak nyaman banget ketika mereka harus menjadi pusat perhatian garagara pakaian yang ia kenakan. So, , waspadalah dalam menggunakan jilbab . . Jangan sampai banyak cibiran-cibiran panas hinggap ditelinga kita Cuma garagara jilbab . .

Mengapa harus berjilbab ?


Nah, , pertanyaan ini nih sering banget muncul bagi cewek-cewek jaman sekarang . . Karena menurut mereka jilbab itu hanya akan membuatnya gak PEDE, ribet garagara model jilbab harus gontaganti, mereka merasa panas ketika memakai jilbab dan bahkan ada yang mengatakan kalo rambutnya akan rusak jika memakai jilbab . . Ahhaha !! Terlalu pandai mereka beralasan . Padahal tutup aurat itu wajib lho !! Sekarang saya bakalan jelasin kenapa kita musti pakai jilbab .

ü  Jilbab merupakan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Dalil yang menyangkut perintah Allah terdapat dalam surah Al-Ahzab ayat 59 yang artinya : “ Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin : “ Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka ”.
ü  Memakai jilbab adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah dan Rasul-Nya. Mengapa dikatakan sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah dan Rasul-Nya ? dibagian pertama kan udah dijelasin kalo jilbab itu perintah langsung dari Allah . So, ketika kita memakai jilbab maka kita termasuk orang yang taat kepada Allah . ( eeiit , , ingat yaa !! Jilbab yang dimaksud disini adalah jilbab yang menutupi aurat kita, bukan jilbab yang transparan ). Tentunya, orang yang taat kepada allah SWT akan dimasukkan kedalam Jannah ( syurga ) seperti Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah An-Nisaa ayat 13 yang artinya : “ Barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam jannah yang mengalir didalmnya sungai-sungai, sedang mereka kekal didalamnya, dan itulah kemenangan yang besar ”.
Wah , , amazing banget kan jika kita memakai jilbab . . Makanya buruan pakai jilbab agar bisa masuk kedalam jannah-Nya.
ü  Jilbab merupakan bukti keimanan seseorang. Sekali lagi saya ingatkan bahwa jilbab yang dimaksud disini jilbab yang diperintahkan Allah, bukan jilbab ala desainer ternama ( ahah ). . Allah tidak memerintahkan berjilbab kecuali kepada wanita mukmin. Yang non muslim gak harus pakai jilbab.
ü  Jilbab ini juga merupakan pembeda antara wanita yang baik-baik dan wanita lainnya. Ketika ada orang yang memakai jilbab dan orang yang tidak memakai jilbab, terlihat jelas bahwa mereka yang berjilbab adalah wanita mukmin . tapi hati-hati juga ya sama yang pakai jilbab, , karena ada juga aliran KOS ( Kristen Ortodoks Syiria ) yang memakai jilbab bahkan mereka lebih terlihat anggun plus alim banget . . Yang dibutuhkan kepandaian kita menilai . Jangan sampai kita terjerumus kelembah kebinasaan, , mau ikut yang baik-baik, taat kepada Allah dengan berjilbab tapi justru makin jatuh terserembet oleh orang-orang “bejat”.
ü  jilbab merupakan lambang kesucian. . hehehe , , kayak lagu kasidah kan ? tapi memang bener lho jilbab itu merupakan lambang kesucian , , Coba lihat disekitar kita, wanita yang memakai jilbab , , yakin dan percaya gak bakal ada laki-laki yang mau iseng. . Tapi tergantung juga dia pakai jilbab apa . . Jilbab transparan atau yang jilbab penutup .

Kayaknya udahan dulu yaa, , walaupun penjelasannya singkat, , tapi mudah-mudahan bisa dipahami, terutama diaplikasikan dengan baik . . Yuk kita tebar kebaikan dengan menyampaikan ketemen yang lain . sampaikanlah walau satu ayat . Jadi ayoo sampein ketemen kalian biar berberkah . . amiin.

 Salam Ukhuwah !!


1 komentar: