Kamis, 22 Mei 2014

KOTA METROPOLITAN ?? YAKIIN ?

Hei guys , , Disini saya bakalan ngupas dikit demi sedikit tentang EPISODE 1 ( hihihi ) . . Dunia metropolitan yang ibarat kate ni yee anak jaman sekarang , , KOTA METROPOLITAN itu adalah dunia yang bisa mengubah mereka menjadi manusia modernplus canggih . . Modern dan canggih ??? Halloooo !!!! Elektronik kalee cyiin modern plus canggih . Kayak Iphone plus Tab aja . Tapi emang bener siih , , mereka memang jadi manusia modernisasi , , modernisasi dari cara mereka bicara, cara mereka bertingkah , berpakaian dan masih banyak lagi daah . . Saya juga gak terlalu paham sama kehidupan mereka . Berhubung karena saya baru tinggal dikota "metropolitan" ( kata ortu sama orang desa ). Yapp !! Saya akui  diantara mereka SEBAGIANNYA serba tau tentang banyak hal dibandingkan anak Ndessoo dan anak metro yang calem calem . . CONTOHNYA :

  •  Narkoba . . ( Widiiiihhh , , ngeeri banget kan ? Kata temen saya ( berhubung saya punya temen yang pake narkoba ) rasanya tuuhh kayak melayang keangkasa menikmati indahnya dunia , , Guyyss !! Kalian tau gak Narkoba itu ? Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya. Nah , , saya bakal jelasin satu per aaatu yaa pengertian dari ke 3 ini . . * Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.* Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Lebih sering digunakan oleh dokter untuk mengobati gangguan jiwa.* Bahan adiktif lainnya adalah zat atau bahan lain bukan narkotika dan psikotropika yang berpengaruh pada kerja otak dan dapat menimbulkan ketergantungan.  Narkoba itu Hukumnya apa sih ? Kalo Menurut ULAMA ni yee , , narkoba tuh hukumnya HARAM . . Kecuali kalo darurat . . Dan maksudnya darurat disini kalo untuk pengobatan seperti obat sakit/peredam rasa sakit . .

Ini nih dalil pendukung haramnya Narkoba .  
QS. Al-A'raf ayat 157 :
                                                                         وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ
“Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk."
QS. Al-Baqarah ayat 195 :
                                                                                        وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ
“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan."

           Wah , , bahaya juga ya narkoba , , Yo wess , , gak usah coba-coba pake narkoba yoo !! Soale , , udah ada dalilnya tuh , , tambah akurat kan ? saya mah kasian banget sama siPEMAKE. Udah kecanduan , ehh ujung-ujungnya dipenjaralah, direhabilitasi pula . Saya pernah dengar ungkapan kayak gini " CUMA ADA 2 PILIHAN bagi SIPEMAKE NARKOBA , , MATI atau PENJARA " . Jeeee , kebayang gak sih betapa ngerinya si NARKOBA itu . Kalo saya disuruh milih , gak bakalan ada yang saya pilih ( hehehe ) . . Tapi ada juga nih yang usil bahkan dia memancing api untuk meluap . Dia bilang kayak gini " MEMAKE MATI , TIDAK MEMAKE MATI , LEBIH BAIK MEMAKE SAMPAI MATI " . Astaghfirullah , , kayak ungkapannya si PEROKOK yoo . . Kalo dipikir-pikir , ucapannya memang benar ( ahahaha ) , , tapiiii eeeeiiiiittzzzzz . Masa' kita mau meninggal dalam keadaan yang " gak beres " . Gimana caranya ngadep Tuhan tuh kalo kayak giitu . . Untuk si pembaca , ungkapan kayak gitu mah ungkapan orang bodoh plus konyol pastinya . . Narkoba kok dibanggain
            " BANGGA " ?? Nah , , untung saya nulis kata bangga . . Hampir aja saya lupa dengan kata tersebut .. Dizaman globalisasi ini, , kayaknya anak muda jaman sekarang tuh bangga banget ketika mereka sudah mencoba hal-hal negatif , tentunya seperti nyobain Narkoba . . Menurut mereka, , dengan mencoba narkoba maka kehidupan mereka sudah sangat meningkat 99.99% . Halloo !!! Emangnya nilai ujian semester apa yang meningkat 99.99% ?
Bahkan yang lebih parahnya , , mereka menganggap kalo yang gak pakai gituan ketinggalan jaman . . gak gaul . . Kamse' alias kamseupay . . Mereka selalu saja membuat alasan konyol menggiurkan agar lambat laun ungkapan mereka itu diterima oleh kaum yang masih labil seperti halnya remaja bahkan anak dibawah umur remaja . Karena mereka tau kalau anak umuran remaja itu tingkat keingintahuannya tentang sesuatu tinggi apalagi yang "lezat" kayak narkoba . . Disebut aja lezat soalnya dapat membuat orang yang memakainya " LUPA AKHIRAT " alias kecanduan. 
               Pernah saya dapatkan sesuatu , , bukan narkoba sih . . Tapi barang ini dapat membuat seseorang yang menghisapnya kecanduan . LEM FOX dalam bentuk kaleng . Dan itu sangat terbukti membuat pemakainya kecanduan . . Dan yang melakukannya bocah yang masih umur 10 tahun. . Waktu itu, saya sempet jalan disuatu tempat ( gak usah disebutin tempatnya initnya kota besar ) , , disana ada WC umum tapi udah gak terpakai lagi . . Terdengar gaduh, , jadi saya penasaran untuk melihatnya ( maklum rasa keingintahuan saya juga tinggi . ahaha ) . . Dengan mengendap-ngendap saya intip deh yang ada disana , , awalnya saya kira hantu atau apalah soalnya saya juga merinding . . tapi paas saya lihat . . OMG , , anak kecil sedang ngisap kaleng . . Pas saya tegur , , ehh , mereka malah lari dan meninggalkan bekas kalengnya . Wahh ? Itu apa yaa ? Pikirku . Saya mendekat dan ternyata kaleng LEM FOX , , saya sempet nyium baaunya dan baunya ituu kayak bensin tapi enak-enak giitu . . Barang buktinya saya bawa dan isi kaleng tersebut masih ada , , kata temen aku kaleng tersebut digunakan karena baunya enak dan dapat membuat kecanduan . waahh , , ngeri juga yaa ? Emang sih bukan narkoba , , tapi menurutku itu adiknya narkoba lah . . 
              Pada saat itu, saya merasa kasihan sama bocah waktu itu, , umurnya masih terlalu muda untuk melakukan hal-hal yang kayak giitu . . beberapa minggu kemudian, , saya lewat lagi ditempat itu, , parahnya ada bocah yang sudah teler gara-gara lem tersebut . Saya akhirnya bertanya ke anak itu mengapa dia menghisap barang tersebut , , jawabannya dia diajari sama kakak kelasnya dan dia udah gak bisa kalo gak ngisap tuh barang . . Naudzu billah . .
              Kata dia juuga , , sekarang zaman modern kak , , jadi kita harus ngikut . Kalo gak ikut , , kita gak bisa dikatain anak metropolitan akan tetapi anak kampung . .
Waadduuhh , , bahaya juga ya ucapan anak umur 10 tahun. Saya tekankan kembali , , JANGAN PERNAH MENCOBA HAL-HAL NEGATIF !!!
  •  Alkohol alias khamar alias yang memabukkan . . ( Brreeeettt , , yang bikin mabuuk cyiin , , padahal minum alkohol itu kan haram seperti yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 219 :



{يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا}

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya".
              Dan bukan cuman ayat ini , , masih ada lagi ayat Allah SWT yang melarang tentang khamar, terdapat dalam surah Al-Maidah ayat 90-91 :

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ * إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ }]

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu ).
                Nah, , ngeeri kan kalo orang suka mabuk-mabukan . . Tapi , , bagi mereka yang sudah menjadikan khamar sebagai teman sebaayanya, , pasti gini nih alasan mereka : " Saya mengkonsumsi khamar cuman buat hilangin stres doang kok plus rasa PD saya meningkat ketika berbicara didepan orang ". Ya kelaaaaa , , emangnya gak ada cara lain apa selain minum khamar . . So !! Remember it !!!
                


Tidak ada komentar:

Posting Komentar